Universitas Multimedia Nusantara Bina UMKM Cakap Digital di Tangerang

Darussalam | Rabu, 03 Agustus 2022 - 14:41 WIB
Universitas Multimedia Nusantara Bina UMKM Cakap Digital di Tangerang
Program UMKM Cakap Digital di Kabupaten Tangerang
-

Jakarta - Pertumbuhan penggunaan digital pada masyarakat Indonesia semakin meningkat, masyarakat semakin dekat dengan digitalisasi. Hal tersebut juga berimplikasi terhadap ekonomi digital, masyarakat sudah bertransaksi secara digital, karena akses marketplace yang mudah bagi masyarakat. 

Pemerintah juga menargetkan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk cakap digital khususnya dalam memasarkan produknya. Tahun 2023 Pemerintah menargetkan 24,5 Juta UMKM berpindah ke ekosistem digital. Sementara pada tahun 2021 baru mencapai 13,7 juta. 

Untuk itu, Program Studi Magister Manajemen Teknologi (MMT) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan program UMKM Cakap Digital di Kabupaten Tangerang dari bulan Juli - bulan Agustus 2022.

Program ini akan menyasar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar Kabupaten Tangerang agar UMKM mampu memiliki growth mindset, paham terhadap konten dan digital marketing, mampu mengelola media sosial bisnisnya, dan mengembangkan bisnis dan usaha dari masing-masing UMKM yang akan ikut dalam program ini. 

Program ini akan dilakukan secara blended learning, dimana akan ada kelas secara langsung selama satu hari, dan peserta UMKM akan diberikan proyek dan pendampingan oleh mentor mahasiswa MMT Batch 5.

“Kampus punya tanggung jawab untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa diwajibkan untuk peka dan berpartisipasi terhadap perkembangan masyarakat, secara kontekstual sesuai dengan ilmu yang mereka dapatkan,“ ujar Dr. Ir. P.M. Winarno , M.Kom., Direktur LPPM UMN. 

Sementara  Dr. Prio Utomo, S.T., MPC sebagai Ketua Program Studi Magister Manajemen  Teknologi (MMT) menyampaikan, bahwa program melakukan pendampingan UMKM untuk masuk ekosistem digital (go digital) sangat sesuai dengan matari pembelajaran di program MMT. Mahasiwa dapat membagikan dan menerapkan implementasi teknologi yang langsung bermanfaat bagi UMKM. 

Program UMKM Cakap Digital ini akan dilaksanakan dari bulan bulan Agustus 2022, yang akan diisi oleh pelatihan secara langsung oleh Nico Oscario selaku Digital Marketing Enthusiast dan Ryan Pradipta selaku Financial Enthusiast, pada Rabu, 3 Agustus 2022 di Student Lounge, Gedung B Lantai 3, Universitas Multimedia Nusantara. 

Selanjutnya, peserta akan diberikan tugas yang akan dijadikan proyek dengan pendampingan oleh para mentor mahasiswa MMT Batch 5. Materi yang disiapkan untuk para peserta UMKM adalah mengenai digital marketing meliputi bagaimana promosi sebuah konten, menganalisa sosial media, membuat iklan di sosial media, dan juga konsep-konsep dasar dalam merubah mindset dalam berbisnis.  

“Kami akan membantu UMKM untuk menjangkau pasar global, berinteraksi dengan target customer.  Pembinaan batch 1 ini akan diikuti oleh 35 UMKM di wilayah Tangerang. Mudah-mudahan program ini dapat diteruskan oleh mahasiswa angkatan berikutnya, sehingga signifikan untuk mendorong perkembangan UMKM,” ujar Rumpoko selaku Koodinator Program.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan khusus dari dinas Pemerintah Kabupaten Tangerang demi mendorong digitalisasi UMKM di Kabupaten Tangerang.