Kapal China Berawak WNI Tenggelam, Netty: Ambil Langkah Tegas Jika Ada Unsur Kelalaian Perusahaan

Armei Indra | Rabu, 24 Mei 2023 - 19:58 WIB
Kapal China Berawak WNI Tenggelam, Netty: Ambil Langkah Tegas Jika Ada Unsur Kelalaian Perusahaan
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher
-

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher meminta pemerintah agar mengusut tuntas tragedi tenggelamnya kapal penangkap ikan China yang membawa 17 WNI di dalamnya.

“Pemerintah harus mengabarkan bagaimana status terkini dari para ABK tersebut ke pihak keluarga korban; apakah mereka sudah ditemukan atau belum. Ini harus ada kejelasannya," kata Netty dalam keterangan medianya, Selasa, 23 Mei 2023.

Menurutnya, "Jangan biarkan  keluarga korban bingung dan  merasa tidak diperhatikan pemerintah akibat belum adanya kejelasan status para awak kapal tersebut."

Sebelumnya media pemerintah China melaporkan 39 anak buah kapal penangkap ikan yang diawaki 19 ABK asal China, 17 ABK asal Indonesia, dan lima dari Filipina telah hilang.

Lebih lanjut, politisi PKS asal Jawa Barat ini meminta pemerintah agar  berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah China,  untuk mengusut ada atau tidaknya pelanggaran hukum atau unsur kelalaian.

“Pemerintah harus memastikan tidak ada unsur pelanggaran hukum atau kelalaian dalam kejadian tersebut. Jika ditemukan adanya unsur pelanggaran  yang membuat kapal tersebut terbalik maka pemerintah harus mengambil langkah yang tegas,” papar Netty.

“Apakah tenggelamnya kapal tersebut murni karena kondisi cuaca atau alam atau karena adanya unsur kelalaian? Keluarga korban berhak mendapatkan informasi yang lengkap,” ungkap Netty.

Terakhir, ia juga meminta pemerintah agar memastikan pihak keluarga korban mendapatkan hak-haknya sebagai tenaga kerja.

“Dampingi keluarga korban agar dapat memperoleh hak-haknya sebagai pekerja, baik  berupa santunan atau kompensasi lainnya. Pastikan keluarga korban dipersulit untuk mendapatkan hak-hak mereka,” kata Netty.


baca juga :