ASN Culture Festival 2023, Menteri Anas Dorong Budaya Kerja Lebih Adaptif

Agung Nugroho | Rabu, 22 November 2023 - 11:41 WIB
Anas mengatakan bahwa ini adalah ASN Culture Festival 2023 bagian dari cara baru phaknya sudah tahun ketiga untuk mendorong budaya kerja supaya lebih adaktif bagi para ASN.

ASN Culture Festival 2023, Menteri Anas Dorong Budaya Kerja Lebih Adaptif
Menteri PANRB Abdulah Azwae Anas usai menyelenggarakan Kickoff ASN Culture Festival 2023 di Ashton Hotel, Jakarta, Rabu (22/11/2203). Dok: Agung
-

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdulah Azwar Anas mengatakan bahwa ini adalah ASN Culture Festival 2023 bagian dari cara baru phaknya sudah tahun ketiga untuk mendorong budaya kerja supaya lebih adaktif bagi para ASN. 

Hal itu dikatakan Menteri Anas usai menyelenggarakan Kickoff ASN Culture Festival 2023 di Ashton Hotel, Jakarta, Rabu (22/11/2203) 

"Jadi pagelaran festival tidak lagi harus ketemu disuatu tempat, tetapi mereka juga bisa melakukannya jarak jauh. Bagian dari cara baru karena setelah kita survei terkait dengan BerAkhlak, namun problemnya di ASN itu adaptif. Sekarang kita paksa cara kerjanya adaptif dengan cara baru tapi tidak meninggalkan dengan nilai-nilai lama," ujar dia. 

Menteri Anas menhelaskan caranya pun tadi menggunakan virtual dan ASN culture festival di ikuti ratusan ribu perserta di seluruh Indonesia akan tetapi di dalam dunia maya. 

"Itu akan menjadi penilaiannya, siapa both yang paling banyak dikunjungi oleh ASN dan both mana saja yang dikunjunginya. Ini memaksa bagaimana budaya kerja ini terakomodisir tetapi juga tidak harus memboroskan anggaran banyak dan harus dengan cara digital,," ujar Anas. 

Dia juga menargetkan dari ASN culture festival ini adalah BerAhklak ini kedepan supaya bisa terinternalisasi karena problemnya adaktif. Anak-anak muda diluar pemerintah sekarang sudah sangat cepat berkerja dimana saja, kapan saja, tapi kinerjanya tercepai. 

"Kita jangan sampai terjebak pada proses finished yang ritual dan rutin seperti berangkat ke kantor pagi sampai malam ceklok tapi tidak produktif. Target kita kedepan lebih produktif termasuk memaksa hari ini yang kita lihat di ASN Cultire Festival seperti orang tua harus duduk dibawah, menghadqpi situasi yang baru. Bagi dunia milenial ini sangat biasa, tapi bagi dunia seperti Pak Aba tidak biasa," ucap Menteri Anas .

Dia juga menyebutkan tahun ketiga ini persertanya sangat banyak jadi ini ada pameran culture festival yang di ikuti oleh pemenrintah daerah (Pemda), nanti akan kita nilai kunjungannya yang paling banyak dan produktif, nanti akan dapat apresiasi. 

Lanjut kata Menteri Anas jadi mengunjungi tidak harus mendatangi misalkan sekarang ada inovasi di Surabaya, Medan, Sumedang, Banyuwangi nanti siapa yang paling banyak berkungjung nanti kita harus berbagi inovasi  

"Selama ini konvesional untuk melihat inovasi suaru daerah harus kunjungan ke suatu daerah tersebut sudah biaya habis, waktu habis l, perjalanan dinas habis . Tentunya nanti dengan waktu cepat inovasinya dapat tapi bisa diterapkam dimana saja," tandas Anas. 

Nilai Dasar ASN BerAkhlak 

Sementara itu Plh Deputi Bidang SDM Aparatur Aba Subgia menjelaskan nilai dasar ASN BerAKHLAK yang diluncurkan oleh Presiden RI pada 27 Juli 2021 telah ditetapkan dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara. 

Sesuai dengan pasal 3 ayat (2) bahwa Pegawai ASN mengimplementasikan nilai dasar yang terdiri dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboraitf. 

"Salah satu cara untuk meningkatkan awareness terhadap nilai dasar harus dengan gerakan yang cukup masif -tidak hanya kepada sesama instansi pemerintah dan ASN-nya, namun juga kepada masyarakat luas-, salah satunya dengan menyelenggarakan ASN Culture Festival. ASN Culture Festival merupakan pesta perayaan budaya kerja yang diselenggarakan rutin setiap tahun setelah diluncurkannya core values BerAKHLAK oleh Presiden," ujar dia. 

Dia juga melaporkan bahwa ASN Culture Festival ini sudah ketiga kalinya kita selenggarakan. Dalam bentuk virtual exhibition, tahun 2021 ASN Culture Fest diikuti oleh 6 (enam) Instansi Pemerintah, yang kami tunjuk berdasarkan antusiasme keenam instansi tersebut dalam penyelenggaraan program sosialisasi dan internalisasi BerAKHLAK. 

"Kemudian di tahun 2022, antusiasme meningkat menjadi 90 (sembilan puluh) instansi pemerintah yang mendaftarkan diri menjadi exhibitors. Website ASN Culture Fest 2022 yang berlangsung selama 1 (satu) bulan berhasil dikunjungi oleh 167.955 visitors. Dalam festival tahun lalu, kami memberikan apresiasi “TOP 7 Exhibitors” kepada 7 (tujuh) exhibitors terbaik dalam penyiapan konten website dan penyelenggaraan coaching clinic," ucap Aba.

Dia mengungkapkan di tahun ini, terdapat 100 (seratus) exhibitors yang turut meramaikan acara ASN Culture Festival 2023. Instansi Pemerintah yang mendaftarkan diri menjadi exhibitors akan mengelola virtual booth dalam website. 

"Dalam website tersebut para exhibitors dapat menampilkan berbagai video, gambar, dan informasi penting lainnya terkait kinerja dan inovasi yang telah dihasilkan oleh masing-masing instansi pemerintah yang bersangkutan," pungkas dia..