Mendag: Uji Coba 4 Bulan Buat TikTok dan Tokped untuk Sinergi

Agung Nugroho | Selasa, 12 Desember 2023 - 15:39 WIB
Kemendag) memberikan waktu sekitar tiga sampai empat bulan kepada Tiktok dan Tokopedia untuk melakukan uji coba kemitraan keduanya yang memungkinkan TikTok Shop beroperasi kembali.

Mendag: Uji Coba 4 Bulan Buat TikTok dan Tokped  untuk Sinergi
-

Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan waktu sekitar tiga sampai empat bulan kepada Tiktok dan Tokopedia untuk melakukan uji coba kemitraan keduanya yang memungkinkan TikTok Shop beroperasi kembali.

TikTok Shop sebelumnya dilarang beroperasi lantaran menjalankan usaha social commerce, padahal TikTok tidak memiliki izin sebagai e-commerce, melainkan hanya sosial media.

"Ini kan teknologinya tinggi, perlu tiga sampai empat bulan mereka semacam percobaan, trial and error. Dan diminta juga utamakan produk-produk lokal. Nanti hasil kerja sama itu seperti apa, kita nilai," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau sering disapa Zulhas dalam konferensi pers di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12/21023).

"Nanti kita audit, kita lihat nanti seperti apa," imbuhnya. Zulhas mengatakan dengan kerja sama ini, TikTok tidak akan serta merta menjadi e-commerce. Namun, TikTok berkongsi dengan Tokopedia yang merupakan e-commerce.

"E-commerce-nya itu Tokopedia, kerja sama dengan TikTok. Jadi TikTok tidak e-commerce. Yang jualannya itu Tokopedia," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Stephanie Susilo mengatakan pihaknya menggandeng Tokopedia karena memiliki visi misi yang sama untuk memajukan UMKM lokal.

"Kita akan terus kerja sama dengan Tokopedia seterusnya. Ke depannya akan kami update," katanya.