Jokowi Akan umumkan Rekruitmen PNS Baru 2024 Januari ini

Agung Nugroho | Selasa, 02 Januari 2024 - 10:39 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran pada awal Januari 2024.

Jokowi Akan umumkan Rekruitmen PNS Baru 2024 Januari ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran pada awal Januari 2024. Dok: Setpres
-

Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) besar-besaran pada awal Januari 2024.

Hal ini diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) Azwar Anas dalam konferensi pers di di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2023) lalu.

Menteri Anas menambahkan pengumuman dibuat setelah kementeriannya melaporkan pematangan skenario rekrutmen PNS di 2024. Lanjut Anas masih belum mau merinci berapa jumlah PNS yang akan direkrut pada tahun ini.

"Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, presiden akan mengumumkan," katanya di Komplek Istana Negara akhir pekan lalu.

Meski demikian, ia memberikan sedikit bocoran terkait rekrutmen PNS baru ini. Ia mengatakan Jokowi meminta bahwa rekrutmen akan difokuskan pada lulusan baru.

"Rekrutmen fresh graduate, anak-anak yang baru lulus, yang selama ini belum ada rekrutmen, kecuali kejaksaan kemarin, dan totalnya cukup besar tahun ini, jumlah detailnya nanti akan diumumkan oleh bapak presiden," katanya.

"Beliau minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN. Saya kira itu," katanya.

Selain fokus ke lulusan baru, ia mengatakan Jokowi juga memberikan arahan agar rekrutmen dilakukan sesuai dengan kemampuan daerah.