Menteri Budi Akan Bangun Kereta Tanpa Rel di IKN

Fuad Rizky | Kamis, 25 Januari 2024 - 14:25 WIB
Menteri Budi Akan Bangun Kereta Tanpa Rel di IKN
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan kereta tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) buatan China akan dibangun di IKN Nusantara. Dok: Ist
-

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan kereta tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) buatan China akan dibangun di IKN Nusantara.

"Seperti yang saya lihat di China beberapa waktu lalu, kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet," kata Budi melalui akun Instagram resmi, Kamis (25/1/2024).

Ia menuturkan ART yang dibangun berkapasitas total 324 penumpang. Adapun kecepatan operasionalnya mencapai 40 kilometer (km) per jam dan maksimal 70 km per jam.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujar Budi Karya. 

Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam 2 fase. Untuk satu set kereta terdiri dari dua gerbong, berkapasitas 324 penumpang.

Kereta ART ini berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km/jam. Rencananya, perusahaan China yang berpartisipasi untuk melakukan pengadaan ART di IKN.

Sebelumnya, Budi Karya sudah melakukan penjajakan dengan China melalui China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) untuk pembangunan kereta ART di IKN. Pemerintah Indonesia ingin menggunakan satu set Kereta Otonom dari CRRC untuk pengoperasiannya di IKN.