Demokrat Dukung Solusi Dua Negara dalam Konflik Palestina-Israel

Ardy | Kamis, 25 Januari 2024 - 17:49 WIB
Demokrat Dukung Solusi Dua Negara dalam Konflik Palestina-Israel
Mayoritas rekan Partai Demokrat mitra Presiden Joe Biden di Senat pada Rabu mendukung pernyataan yang menegaskan kembali dukungan AS terhadap solusi dua negara dalam konflik Palestina-Israel.. Dok: Ist
-

Jakarta - Mayoritas rekan Partai Demokrat mitra Presiden Joe Biden di Senat pada Rabu mendukung pernyataan yang menegaskan kembali dukungan AS terhadap solusi dua negara dalam konflik Palestina-Israel.

Senator Brian Schatz memperkenalkan langkah tersebut sebagai amandemen terhadap rancangan undang-undang yang akan datang yang akan memberikan bantuan keamanan nasional kepada Ukraina, Israel dan Taiwan.

“Apa yang akan menentukan masa depan Israel dan Palestina adalah apakah masih ada harapan. Dan solusi dua negara harus menjadi harapan itu,” kata Schatz dalam konferensi pers seperti dikutip reuters di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Ketika perang berkecamuk di Gaza antara Israel dan Hamas, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada konferensi pers bulan ini bahwa ia keberatan dengan negara Palestina yang tidak menjamin keamanan Israel.

Pernyataan tersebut memicu kekhawatiran internasional, termasuk dari pendukung terbesar Israel, Amerika Serikat. Washington berpendapat bahwa solusi dua negara adalah satu-satunya cara yang memungkinkan untuk mewujudkan perdamaian abadi di kawasan.

Dua senator Demokrat yang tidak menandatangani amandemen tersebut adalah John Fetterman dan Joe Manchin.

Fetterman telah lama mendukung solusi dua negara, namun dia yakin tindakan tersebut harus mencakup pernyataan yang menetapkan penghancuran Hamas sebagai prasyarat perdamaian, kata seorang ajudannya.

Manchin mengeluarkan sebuah pernyataan, di mana dia berkata: "Ketika pemerintah Palestina yang mengutamakan kepentingan terbaik rakyatnya setuju bahwa Israel harus menjadi sebuah negara, saya akan menjadi orang pertama yang menandatangani amandemen bipartisan yang mendukung Israel mengakui negara Palestina."

Banyak rekan Biden dari Partai Demokrat di Kongres telah mendorong pemerintah untuk berbuat lebih banyak guna mengatasi tingginya korban jiwa warga sipil Palestina akibat kampanye Israel melawan Hamas sejak serangan mematikan kelompok militan tersebut pada 7 Oktober.

Sebagai informasi tambahan 49 dari 51 anggota kaukus Senat Demokrat mendukung amandemen yang menerima solusi negosiasi terhadap konflik yang mengakibatkan negara-negara Israel dan Palestina hidup berdampingan, menjamin kelangsungan hidup Israel sebagai negara Yahudi yang aman, demokratis, dan memenuhi “aspirasi sah” rakyat Palestina untuk mempunyai negara sendiri.