Sambut Imlek, Mal Ciputra Jakarta Gelar Demo Dumpling dan Shanghai Broadway Show

Rus | Minggu, 04 Februari 2024 - 12:57 WIB
Sambut Imlek, Mal Ciputra Jakarta Gelar Demo Dumpling dan Shanghai Broadway Show
Demo pembuatan dumpling berasama chef Yongki Gunawan dan dihadiri oleh General Manager Mal Ciputra Jakarta, Ferry Irianto.
-

Jakarta - Mal Ciputra Jakarta, Sabtu (3/2/2024), secara resmi membuka perayaan Imlek yang berlangsung mulai tanggal 1 hingga 18 Februari 2024, dengan tema “Shanghai Broadway.” Acara pembukaan yang berlangsung di Center Court lantai Lower Ground, diawali dengan acara demo membuat dumpling bersama sebagai tradisi perayaan Tahun Baru Imlek.

Dalam tradisi Tionghoa, membuat dumpling atau pangsit menjelang perayaan Tahun Baru Imlek biasa dilakukan bersama keluarga, merupakan simbol meninggalkan tahun yang berlalu dengan menyambut tahun yang baru. 

Selain disantap saat tahun baru Imlek, proses pembuatan pangsit juga sangatlah penting. Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek seluruh anggota keluarga akan membantu membungkus dumpling atau pangsit untuk disajikan saat malam tahun baru.

“Pada momen opening event Shanghai Broadway, kami mengajak para tamu undangan untuk bersama-sama membuat dumpling dalam 5 bentuk atau model yang akan dipandu oleh Chef Senior Indonesia Yongki Gunawan, yang dikenal luas sebagai Consultant Chef dan Guru yang membimbing restoran, bakery, dan kafe dari dalam hingga luar negeri selama 40 tahun lebih di bidang kuliner, dan pendidikan masakan dan kue di tiga negara, Indonesia, Perancis, dan Jerman,” ujar General Manager Mal Ciputra Jakarta, Ferry Irianto.

Sesuai dengan tema, menjadi suguhan hiburan utama pada opening event ini adalah selain demo membuat dumpling, juga hiburan khas Imlek lainnya seperti Shanghai Broadway Show, Barongsai Tonggak dan Wayang Potehi.

“Di Tahun Naga Kayu ini, kami ingin mengajak para tamu undangan menyambut tahun yang baru dengan merasakan pengalaman membuat dumpling atau pangsit bersama-sama yang diharapkan dapat dipenuhi dengan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan. Untuk para pengunjung diharapkan ada sajian hiburan yang unik, menarik dan positif untuk dinikmati bersama keluarga selama perayaan Imlek berlangsung di Mal Ciputra Jakarta,” ujar Ferry Irianto.

Shanghai Broadway Show menghadirkan kolaborasi apik antara tarian, musik dan lagu ala Shanghai Broadway yang tampil tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18 Februari 2024, pukul 18.30 WIB. Pertunjukan Barongsai yang menjadi icon di setiap perayaan Imlek akan tampil pada 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18 Februari 2024, pukul 16.00 WIB serta Wayang Potehi yang akan menghibur para pengunjung setiap hari pada pukul 15.00 WIB, 17.00 WIB dan 19.00 WIB.

Menjadi tradisi Imlek Mal Ciputra Jakarta dan sebagai mal yang memelopori perayaan Imlek dengan pertunjukan Wayang Potehi, kembali menghadirkan Dalang Sugio Waluyo atau lebih dikenal dengan Dalang Subur yang didatangkan langsung dari Surabaya.

Dua puluh tahun sudah keberadaan Wayang Potehi menghibur para pengunjung di Mal Ciputra Jakarta, kali ini mengangkat kisah klasik dari negeri Cina tempo dulu berjudul: “Tik Tjheng Ban Hwa Lauw,” Yang bercerita tentang asal muasal dari Jendral Negeri Song yang cukup terkenal yaitu Jenderal bernama Tik Tjheng.

Asalnya Tik Tjheng ini adalah putra panglima. Ketika Tik Tjheng masih kecil ayahnya telah meninggal dan ketika Tik Tjheng sudah dewasa dia bersama temannya naik di suatu paseban Lo Teng yang sangat bagus. Lo Teng itu tidak boleh dinaiki orang lain tanpa ijin pemiliknya tapi Tik Tjheng memaksa akhirnya perkelahian terjadi. Pemilik Lo Teng itu mati terbunuh, akhirnya Tik Tjheng cs ditangkap dan dipenjara. Kemudian Tik Tjheng bebas dari penjara bahkan akhirnya dia diangkat menjadi Jendral karena:

1. Tik Tjheng keturunan orang setia.

2. Tik Tjheng keponakan dari ibu suri/mama raja.

3. Tik Tjheng mempunyai ilmu silat/perang yg hebat.

Naga adalah simbol seorang raja, tanpa diketahui Tik Tjheng itu ternyata keponakan dari Raja Song Tiauw. Cerita selanjutnya dapat disaksikan langsung bersama Dalang Subur di Mal Ciputra Jakarta.

Para pengunjung Mal Ciputra Jakarta dapat menikmati rangkaian acara menarik lainnya selama event Imlek Shanghai Broadway Show, Barongsai hampir di setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu serta Wayang Potehi hadir setiap hari pada pukul 15.00 WIB, 17.00 WIB dan pukul 19.00 WIB.