Polda Metro Jaya Antisipasi Pergeseran Jam Kemacetan Selama Ramadan

Fuad Rizky Syahputra | Senin, 18 Maret 2024 - 15:00 WIB
Polda Metro Jaya Antisipasi Pergeseran Jam Kemacetan Selama Ramadan
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman.
-

Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mengatakan bahwa pihaknya mengantisipasi terjadinya peningkatan kemacetan pada jam sibuk selama bulan Ramadhan tahun 2024. Hal itu dilakukan karena adanya pergeseran jam sibuk.

"Kalau kita kan memang tugas tetap, siaga di lapangan. cuma kalau sore kita lebih awal dijaga,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan pada Minggu 17 Maret 2024.

Latif menjelaskan, antisipasi yang dilakukan petugas kepolisian yakni meletakkan petugas di jalan protokol sampai arteri yang kerap menjadi sasaran masyarakat mencari takjil berbuka puasa.

“Jalan jalan protokol, seperti Gatot Subroto, Sudirman Thamrin. Terus juga jalur arteri, seperti Kalimalang terus Daan Mogot, tempat tempat takjil juga. kita antisipasi di beberapa jalan tersebut,” kata Latif.

Ia menuturkan bahwa jam sibuk selama bulan Ramadan tahun 2024 bergeser. Latif menuturkan waktu jam sibuk selama bulan Ramadhan ini yakni untuk pagi hari dimulai dari pukul 07.00 WIB, lalu untuk jam sibuk sore hari lebih awal dimulai sejak 15.00 WIB.

“Ada tentunya pergeseran jam tapi masih bisa diantisipasi. Kalau pagi hari mulai dari jam 7 mulai padat, sebetulnya tidak terlalu berbeda jauh. Tapi agak panjang macetnya,” ucap dia.

“Kalau sore lebih maju padatnya, jam 3 sudah mulai padat macetnya. Jam 3 sampai pada menjelang buka puasa. pas buka puasa mulai landai lalu lintas,” ujarnya.