Kiprah Darma Mangkuluhur Hutomo Kembangkan Pariwisata Indonesia

Rus | Jumat, 22 Maret 2024 - 13:11 WIB
Kiprah Darma Mangkuluhur Hutomo Kembangkan Pariwisata Indonesia
Darma Mangkuluhur Hutomo Direktur Utama PT Humpuss Land, dan Erastus Radjimin Founder & CEO Artotel Group
-

Jakarta - Darma Mangkuluhur Hutomo, putra dari Hutomo Mandala Putra atau Tommy Suharto dalam bincang santai menjelang buka puasa bersama dengan Himpunan Anak Media atas inisiasi ARTOTEL Group menyampaikan beberapa konsepnya untuk menggeliatkan pariwisata Indonesia.

Kepada media, ia mengaku suka traveling. Jadi secara otomatis, lanjutnya, hospitality turut berperan besar dalam kehidupannya. Termasuk bisnis yang dilakoninya saat ini seperti di bidang perhotelan. 

“Tidak cuma itu, di bidang hiburan juga masuk di dalamnya,” terang Darma ke Himpunan Anak Media, Selasa (19/3/2024) di BERANDA Restaurant, ARTOTEL Suites Mangkuluhur Jakarta, saat jelang buka puasa.

Dalam bincang santai ini pun Darma mengakui melakoni bisnis secara serius yang berkaitan dengan pariwisata dimulai pada tahun 2018 dengan membuka Boca Rica Tapas Bar and Lounge, yakni restoran yang menyajikan hidangan khas negara Spanyol. 

“Dulu saya kuliahnya di Barcelona, Spanyol. Kemudian saya ingin membawa suasana Spanyol ini ke Indonesia. Spanyol itu kulinernya sangat menarik, dan saya mau orang Indonesia menikmatinya, tentu dengan sedikit paduan rasa Indonesia,” terangnya. 

Untuk di perhotelan, Darma menjabat sebagai Direktur Utama untuk jaringan Hotel Lorin yang saat ini ada di Sentul, Solo, Belitung dan Bali. Termasuk ARTOTEL Suites Mangkuluhur Jakarta, di mana ARTOTEL Group sebagai operator hotel besar di Indonesia sebagai mitra bisnisnya.

Di luar pengelolaan bisnis perhotelan yang telah berjalan, ia pun akan membangun fasilitas bisnis baru yang bakal mengundang minat wisatawan baik lokal maupun asing untuk menyambanginya, yaitu wisata golf.

Bisnis untuk wisata golf ini berada di kawasan New Kuta Golf, Pecatu, Bali, salah satu lapangan golf terbaik di Indonesia. Di kawasan ini, ada lahan seluas empat hektare yang rencananya akan dibangun lapangan golf, butik hotel dengan kasta mewah dengan konsep unik dan belum pernah ada sebelumnya.

“Hotel di Bali, uniknya itu very golf oriented, gak cuma turism. Jadi, kita akan bangun butik hotel yang mewah lengkap dengan fasilitas kebugaran, kemudian dari dalam kamar bisa menikmati teh dengan view lapangan golf. Ini akan menjadi pengalaman menarik bagi orang yang baru bermain golf,” katanya.

Kemudian bisnis yang telah dilakoni dan mengundang minat wisatawan yaitu Lounge in The Sky atau resto gantung di atas ketinggian. Restoran gantung didatangkan langsung dari Brussel, Jerman. Pertama kali hadir di Jakarta, di kawasan Mangkuluhur City. Dan viral di berbagai kanal media sosial.

“Resto gantung ini memang konsepnya lebih ke tourism. Tahun ini, Lounge in The Sky Insya Allah bakal dihadirkan kembali di Pulau Dewata, kita sedang finalisasi lokasinya. Dan konsepnya tiap tahun restoran gantung ini akan berpindah pindah kota yang banyak wisatawannya,” pungkas Darma.