PLN Siapkan 1.299 SPKLU Bagi Pemudik di 879 Lokasi

Kiki Apriansyah | Kamis, 04 April 2024 - 09:58 WIB
PLN Siapkan 1.299 SPKLU Bagi Pemudik di 879 Lokasi
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo atau sering disapa Darmo menyiapkan 1.299 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi pemudik yang pulang kampung menggunakan mobil listrik. Dok: Ist
-

Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo atau sering disapa Darmo menyiapkan 1.299 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi pemudik yang pulang kampung menggunakan mobil listrik.

Hal itu dikatakan Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI di Gedung DPR , Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2024).

Dia mengatakan tempat charger mobil listrik ini tersebar di 879 lokasi di seluruh Indonesia. Ia menegaskan SPKLU itu ada di sepanjang titik ruas tol yang akan melayani pemudik.

"Khusus untuk tahun ini, belajar dari kelemahan SPKLU pada tahun lalu (2023), kami sudah pasang SPKLU di setiap titik rest area, baik yang (tipe) A dari barat ke timur, maupun B dari timur ke barat. Ini sudah terpasang SPKLU, yang terpasang 1.299 SPKLU di 879 lokasi," ucap dia. 

Darmo memaparkan masing-masing SPKLU itu berjarak sekitar 23 km. Perusahaan pelat merah itu menegaskan jarak ini aman bagi para pemudik yang menggunakan electric vehicle (EV).

PLN juga menyiagakan 3 unit SPKLU mobile. Bahkan, Darmo menekankan tempat pengisian listrik itu dijaga oleh petugas yang siaga 24 jam dalam 7 hari selama masa mudik lebaran.

Darmo mengatakan pihaknya juga membuat terobosan baru karena belajar dari pengalaman mudik 2023. Ia menyebut sebelumnya para pemudik masih harus menandai secara manual rest area yang menyediakan SPKLU.

Kini, PLN menghadirkan fitur khusus dalam PLN Mobile. Para pengguna kendaraan listrik bisa dengan mudah mengecek di mana saja titik-titik tempat pengisian baterai tersebut

Editor: Agung Nugroho