Kapolri Tunjuk Presiden KSPSI sebagai Staff Ahli Bidang Ketenagakerjaan

Fuad Rizky Syahputra | Kamis, 02 Mei 2024 - 06:43 WIB
Kapolri Tunjuk Presiden KSPSI sebagai Staff Ahli Bidang Ketenagakerjaan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea sebagai staf ahli Kapolri bidang Ketenagakerjaan. Dok: Ist.
-

Jakarta- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea sebagai staf ahli Kapolri bidang Ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan langsung Listyo usai meninjau pengamanan aksi Hari Buruh Internasional atau May Day di Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (1/5/2024).

"Atas kesepakatan dari seluruh rekan-rekan konfederasi, menunjuk Bung Andi Gani untuk menjadi staf ahli Kapolri di bidang ketenagakerjaan. Kami harapkan ke depan apa yang diperjuangkan buruh, keselamatan buruh dan hal lain yang tentunya terus diperjuangkan bisa dikomunikasikan dengan baik, tentunya harapan kita buruh semakin sejahtera,” kata Jenderal Listyo. 

Jenderal Listyo mengatakan, penunjukan Andi Gani Nena Wea sebagai staf ahli Kapolri dilandasi banyak sengketa antara buruh dengan pengusaha yang perlu diselesaikan. 

“Kami juga butuh informasi dan masukan kemudian secara komprehensif bisa membantu menyelesaikan sengketa yang ada,” kata dia.

Jenderal Listyo menyebut pembentukan Tim Khusus itu merupakan bentuk komitmen dari Polri untuk memperjuangkan dan melindungi seluruh elemen buruh Indonesia.

Mantan Kabareskrim itu mengatakan Tim Khusus yang telah dibentuk nantinya juga akan bertugas memberikan perlindungan bagi para buruh yang bekerja di luar negeri atau buruh migran.

Ia menambahkan peran dari Atase Kepolisian yang tersebar di pelbagai negara juga akan dimaksimalkan untuk menjalin kerja sama dengan otoritas negara setempat.

"Untuk bisa memberikan perlindungan terhadap buruh migran kita yang ada di sana. Yang mungkin terdampak oleh masalah hukum, penipuan, penganiayaan dan hal-hal lain," tuturnya.

Lebih lanjut, Listyo mengatakan sebagai komitmen untuk mengawal hak buruh, dirinya juga telah menunjuk Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea untuk diangkat menjadi Staf Ahli Kapolri Bidang Ketenagakerjaan.

"Sehingga kesejahteraan buruh, apa yang diperjuangkan buruh, keselamatan buruh dan hal-hal lain yang saat ini diperjuangkan bisa dikomunikasikan dengan baik, dan tentunya harapan kita buruh semakin sejahtera," pungkasnya

Editor: Agung Nugroho.