Lapas Gunung Sugih Terima Bantuan ICRC untuk Lawan Covid-19

Yapto Prahasta Kesuma | Jumat, 24 Juli 2020 - 15:06 WIB
Lapas Gunung Sugih Terima Bantuan ICRC untuk Lawan Covid-19
Bantuan ICRC untuk Lapas Gunung Sugih
-

Gunung Sugih – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Gunung Sugih mendapat bantuan sabun mandi dan alat semprot disinfektan, alat-alat kesehatan berupa kontainer air untuk cuci tangan, cairan disinfektan, masker, thermal scanner, poster himbauan serta buku panduan untuk pencegahan wabah Covid-19, dari Palang Merah Internasional (ICRC).

Bantuan tersebut disampaikan oleh Delegasi ICRC pimpinan Kepala Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste, Alexandre Faite, yang diterima oleh Kalapas Gunung Sugih, Sohibur Rachman beserta jajaran di Ruang Kerja Kalapas, belum lama ini.

Dalam kesempatan itu Alexandre Faite menjelaskan tujuan ICRC berkunjung ke Lapas Kelas IIB Gunung Sugih dalam rangka memberikan bantuan terkait penanganan Covid-19 di Lapas Gunung Sugih. Ia juga mengatakan sebelumnya ICRC bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Lapas ataupun Rutan di Indonesia.

“Maksud dan tujuan kedatangan kami di sini untuk memberikan bantuan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Gunung Sugih agar tetap terjaga dari penyebaran virus Covid-19," ungkapnya.

Kepala Lapas Kelas IIB Gunung Sugih, Sohibur Rachman mengucapkan banyak terimakasih kepada ICRC yang telah memberikan bantuan kepada Lapas Gunung Sugih.
 
"Bantuan yang diberikan ini sangat berguna bagi Lapas Gunung Sugih dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan untuk memperkecil kemungkinan penyebaran Covid-19 di dalam Lapas yang rentan akan penyebaran virus tersebut," terangnya.

Dalam kunjungannya rombongan dari ICRC berkesempatan untuk berkeliling Lapas Gunung Sugih didampingi langsung oleh Kalapas untuk melihat kegiatan dan aktivitas pembinaan di dalam Lapas. Dari sekian lapas yang telah dikunjungi di Indonesia Alexandre Faite merasa terkesan dengan Lapas Gunung Sugih yang terlihat bersih dan asri serta telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari depan sampai areal dalam lapas.


baca juga :