Sambut HUT RI, 12 Tower ASN Siap di Huni

Fuad Rizky Syahputra | Minggu, 11 Agustus 2024 - 10:52 WIB
Jaringan akses air minum di Ibu Kota Nusantara (IKN) terintegrasi dari sektor perkantoran hingga hunian. Bahkan air yang mengalir dari keran yang berada di kantor-kantor Presiden, ASN, hingga hunian menteri dan ASN bisa langsung diminum.

Sambut HUT RI, 12 Tower ASN Siap di Huni
Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga. Dok: Istimewa
-

Jakarta -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan 12 rumah susun (rusun) untuk aparatur sipil negara (ASN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara segera siap dioperasikan.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan saat ini 12 tower hunian ASN sudah siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan hingga pemindahan ASN pada tahap awal.

"Ini semua dari 47 itu ada 12 sudah selesai dan siap mendukung acara 17 Agustus, sebagian akan digunakan oleh para petugas ataupun peserta upacara," kata Danis di IKN.

Adapun, saat ini progres pembangunan rusun ASN di IKN rata-rata telah mencapai 66,47%. Perinciannya, rusun ASN 1 progresnya mencapai 69,2% dan rusun ASN 2 sebesar 56,9%.

Kemudian, rusun ASN 3 progresnya mencapai 61,0% dan progres rusun ASN 4 mencapai 78,8%. Di luar rusun ASN, rusun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) progresnya telah mencapai 61,2% dan rusun BIN dan Polri sebesar 79,8%.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas, sebelumnya mengungkap apabila 47 tower ASN yang saat ini tengah dibangun nantinya rampung sepenuhnya, kemungkinan ASN yang akan dipindahkan ke IKN pada tahap awal sebanyak 1.700 orang bila tidak melakukan sharing unit.

“Tapi kalau sharing itu bisa 3.200-an ASN, tergantung nanti (keputusannya apakah akan sharing atau tidak),” jelas Anas.

Berdasarkan catatan Bisnis, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, rusun ASN tersebut saat ini telah terdistribusi air bersih sejak 15 Juli 2024. 

"Gas untuk untuk di [rusun] ASN 4, ASN 2, ASN 1 ada tanggalnya tadi [pastinya lupa] tapi masih dalam bulan Juli sudah ada," jelas Basuki di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Dengan demikian, Basuki memastikan bahwa sebanyak 12 rusun ASN di IKN dipastikan dapat mulai digunakan.