MenPAN RB Luncurkan Buku Anti Mainstream Bureaucracy

Tb Budi Rachman | Kamis, 10 Oktober 2024 - 19:31 WIB
Menutup masa jabatannya yang tinggal sekitar 10 hari lagi, Menpan RB Abdullah Azwar Anas meluncurkan sebuah buku berjudul “Anti Mainstream Bureaucracy: Strategi & Seni Mentransformasi Birokrasi”.

MenPAN RB Luncurkan Buku Anti Mainstream Bureaucracy
Buku Anti Mainstream Bureaucracy
-

Jakarta - Peluncuran buku itu dilangsungkan di sebuah hotel di Jakarta, dihadiri oleh beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan segenap pejabat serta ASN di lingkungan Kantor PANRB.

Anti Mainstream Bureaucracy adalah reformasi birokrasi yang mengombinasikan strategi paradoks yang anti mainstream yang menjadi ciri khas penulis, sejak menjadi Bupati Banyuwangi dua periode; 2010-2015, 2016-2021, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah/LKPP; Januari-September 2022, dan Menpan RB sejak 7 September 2022.

Menurut Azwar Anas jika selama ini ada anggapan bahwa birokrasi identik dengan sesuatu yang bertele-tele, kaku, terlalu hirarkis, rigid, lambat, ribet dan sebagainya, mungkin benar tapi mungkin juga salah. Tetapi yang jelas, stereotipe birokrasi yang bersentimen negatif merupakan fakta yang tak terhindarkan.

Bertolak dari anggapan umum seperti itu, maka Kantor PANRB  mempunyai keyakinan dasar, bahwa birokrasi adalah sesuatu yang fleksibel, adaptif, dan berorientasi pada hasil. “Keyakinan dasar itu kami pegang sejak kepercayaan dan mandat,” ungkap Azwar Anas.