Dirlantas : Siapkan Sistem Kanalisasi Untuk Mencegah Penumpukan Kendaraan

Ardy | Rabu, 07 Juli 2021 - 18:41 WIB
Sambodo menjelaskan, kanalisasi ini dilakukan dengan memisahkan kendaraan dan membaginya ke dalam beberapa jalur. Disiapkan juga jalur khusus untuk tenaga kesehatan.

Dirlantas :  Siapkan Sistem Kanalisasi Untuk  Mencegah Penumpukan Kendaraan
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo (Dok.Ist)
-

Jakarta – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, memiliki konsep baru untuk mencegah penumpukan kendaraan. Dengan menyiapkan sistem kanalisasi untuk memisahkan kendaraan yang ingin melintas penyekatan.

"Kami lakukan konsep baru penyekatan agar lebih tertib dan rapi dengan kanalisasi," kata Sambodo dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021).

Sambodo menjelaskan, kanalisasi ini dilakukan dengan memisahkan kendaraan dan membaginya ke dalam beberapa jalur. Disiapkan juga jalur khusus untuk tenaga kesehatan.

"Dipisahkan antara motor, mobil, dan jalur khusus tenaga kesehatan," katanya.

Kanalisasi ini dilakukan di empat titik penyekatan, diantaranya di Kalideres, Lenteng Agung, Kalimalang, dan Panasonic Jl Raya Bogor yang merupakan pintu masuk Jakarta. 

Selain untuk mengantisipasi kemacetan, kanalisasi ini juga dilakukan agar antrean kendaraan yang akan diperiksa menjadi lebih teratur dan rapi.

Seperti diketahui, penyekatan PPKM darurat di beberapa ruas jalan Jakarta telah menimbulkan kemacetan. Kemacetan terjadi karena adanya pemeriksaan petugas di lapangan.

Petugas menyekat mobilitas pengendara di luar sektor esensial dan kritikal. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.