Berhasil Pulihkan Ekonomi, Airlangga Hartarto Raih Priyadarshni Academy Global Awards

Yapto Prahasta Kesuma | Selasa, 21 September 2021 - 12:08 WIB
"Penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada saya tetapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia, terutama di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi yang berhasil berjuang memulihkan situasi ekonomi di tengah pandemi COVID-19," lanjutnya.

Berhasil Pulihkan Ekonomi, Airlangga Hartarto Raih Priyadarshni Academy Global Awards
Kemenko Perekonomian
-

Jakarta - Dinilai berhasil dalam penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima penghargaan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery.

"Saya sangat tersanjung dan bersyukur bisa hadir di acara bergengsi malam ini. Di antara semua penerima penghargaan yang terhormat, dan untuk bergabung dengan para pemenang penghargaan global 2021," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

"Penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada saya tetapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia, terutama di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi yang berhasil berjuang memulihkan situasi ekonomi di tengah pandemi COVID-19," lanjutnya.

Penghargaan tersebut diberikan dalam ajang the 37th Anniversary Global Awards Function yang dilakukan secara virtual pada Senin (20/9) di India.

Diketahui, Priyadarshni Academy merupakan akademi yang memberikan layanan kepada kemanusiaan, terutama di bidang sosial budaya dan pendidikan.Lembaga ini telah menyelenggarakan Global Awards Function sejak tahun 1985.

Priyadarshni Academy Global Awards Advisory Committee diketuai oleh ilmuwan Dr. Raghunath Anant Mashelkar. Airlangga dinilai sebagai tokoh Indonesia yang memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan COVID-19 baik di Indonesia maupun kepada India.

Selain itu, Airlangga Hartarto sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), disebut memiliki kontribusi besar dalam memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif, termasuk menggagas kebijakan bantuan oksigen kepada Pemerintah India dalam menanggulangi pandemi COVID-19.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga menyampaikan harapan agar hubungan bilateral antara Indonesia dan India makin erat. Utamanya kerja sama dalam upaya pemulihan kesehatan dan ekonomi.

"Sebagai upaya dalam mendorong perekonomian dan menangani pemulihan sektor kesehatan, kerja sama internasional menjadi kunci untuk memenangkan perjuangan, karena tidak ada negara yang dapat menghadapi situasi ini sendiri, dan Indonesia sangat menghargai kerja sama dengan India," terangnya.

Sementara itu, Menteri Transportasi dan Jalan Raya India, Niti Gadkari mengucapkan selamat kepada Airlangga yang dinilai layak menerima penghargaan atas reputasinya menyuarakan filosofi dan Ilmu dari Guruji, penemu metode Yoga Ayurveda India, yang menitikberatkan pada ketepatan dan keselarasan tubuh.

"Komite Priyadarshini menilai reputasi Menteri Airlangga ini karena berhasil menyeimbangkan pemulihan pandemi dan ekonomi secara bersamaan," tandasnya.

Sebagai informasi selain Airlangga penghargaan juga diberikan kepada 5 orang tokoh asal India, Korea Selatan, dan Inggris. Para tokoh tersebut dianugerahi Priyadarshni Academy Global Award tahun 2021 atas kontribusi yang signifikan di bidang ekonomi, gender, lingkungan, dan dunia hiburan.

Secara keseluruhan Priyadarshni Academy Global Award 2021 dianugerahkan kepada:

Gautam Adani (Founder and Chairman Adani Group Ahmedabad, India); Sang-Hoon Bang (President & CEO The Chosunibo, South Korea); Airlangga Hartarto (Coordinating Minister for Economic Affairs Republic of Indonesia); Gurudev Sri Ravi Shankar (Founder The Art of Living Bengaluru, India); Lord Nicholas Stren (Chair Grantha Research Institute on Climate Change and Environment The London School of Economics, UK) dan; Baroness Sandip Verma (Chair UN Women dan Member of The House of Lords, UK).