Banyak Emas Indonesia “Parkir” di Singapura, Menko Airlangga Ingin Indonesia Miliki Bank Emas

Yapto Prahasta Kesuma | Jumat, 12 November 2021 - 09:21 WIB
Banyak Emas Indonesia “Parkir” di Singapura, Menko Airlangga Ingin Indonesia Miliki Bank Emas
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.
-

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa selama ini pemilik emas di Indonesia, baik industri dan individu, kerap menyimpan emas di bank emas Singapura. Alasannya beragam, mulai dari keamanan hingga penghindaran pajak pertambahan nilai (PPN).

"Sekarang kan yang terjadi begitu, karena 'hindarkan PPN' maka barang diekspor ke Singapura dalam bentuk emas dan masuk ke Tanah Air untuk dikerjakan sebagai cost of fund manufacturing dan diekspor kembali, sehingga nilai daripada emas itu dititip di bullion bank negara tetangga," ungkap Airlangga di acara peluncuran Buku Pembiayaan UMKM, Kamis (11/11).

Karena itu, ia ingin Indonesia bisa memiliki bank emas (bullion bank) seperti Singapura.

"Jadi kita tidak perlu 'memarkir emas' di Singapura, di bullion bank Singapura dan kemudian di-towing (tarik) oleh industri jewellery kita," ujarnya.

Menko Airlangga menjelaskan kondisi ini menimbulkan ketidakefisienan bagi industri karena harus bolak balik menyimpan di Singapura lalu menariknya lagi ke dalam negeri. Selain tidak efisien, hal ini juga membuat ada keuntungan yang 'tercecer' di luar negeri.

Padahal, menurutnya, semua ini bisa lebih efisien kalau Indonesia memiliki bank emas sendiri. Apalagi, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu penghasil emas terbesar di dunia dengan beberapa pemain.

Mulai dari PT Freeport Indonesia (PTFI), PT Merdeka Copper Gold Tbk, hingga PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Bila ekosistem dari hulu ke hilir ini tercipta, maka ia yakin Indonesia bisa menjadi pemain besar di rantai pasok emas.

"Kalau hidden asset ini bisa dibuka (dengan membuat bank emas), maka peningkatan kreditnya bisa bertambah, sehingga Indonesia sebagai salah satu produsen emas yang pasti terbesar di Asia," imbuhnya.

Lebih lanjut, Airlangga melihat bank emas sendiri bisa dibentuk dengan memanfaatkan peran PT Pegadaian. Sebab, menurutnya, Pegadaian sudah punya aset emas yang besar dan juga menawarkan produk investasi emas di platform digitalnya, sehingga tinggal diberi izin untuk menjadi bank emas dan memainkan perannya.

Pemerintah sudah resmi menggabungkan holding ultra mikro antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian.

"Ini kita sudah bolak-balik rapat mungkin perlu dipercepat karena itu (emas) menjadi aset PT Pegadaian karena 75 persen adalah emas," kata Airlangga.