Komitmen Berantas Mafia Tanah, Menteri Hadi : Rakyat Butuh Pelayanan dan Rasa Aman

Yapto Prahasta Kesuma | Senin, 18 Juli 2022 - 15:10 WIB
Komitmen Berantas Mafia Tanah, Menteri Hadi : Rakyat Butuh Pelayanan dan Rasa Aman
Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto.
-

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya berkomitmen memberantas mafia tanah. Menteri Hadi tidak ingin warga yang memiliki hak atas tanahnya harus kehilangan tanahnya akibat ulah mafia tanah.

"Kita tidak ingin mendengar ada rakyat yang miliki tanah sah tiba-tiba satu saat datang bulldozer harus digusur. Apabila ini perbuatan mafia tanah maka komitmen kami, kementerian, Polri, badan peradilan termasuk pemda akan bersinergi menyelesaikan masalah ini. Empat pilar kita bangun untuk berantas mafia tanah," kata Hadi dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Senin (18/7/2022).

Hadi juga mewanti-wanti jajarannya agar tidak main-main dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita ketahui bersama, mafia tanah ada di mana-mana. Untuk itu saya perintahkan jajaran Kakantang/Kakanwil agar tak main-main dalam mengemban amanah yang diberikan oleh negara kepada kita. Sadarlah, rakyat butuh pelayanan kita dan butuh kenyamanan dan rasa aman," ujarnya.

Ia juga mengatakan tidak akan pandang bulu dalam menindak kasus mafia tanah. Secara tegas, Hadi menyatakan akan menindak tegas oknum pejabat BPN yang terlibat praktik mafia tanah.

"Saudara-saudara apabila terjadi pelanggaran saya tidak segan-segan untuk segera mencopot, proses hukum, dan pecat. Saya harapkan memang ke depan tidak ada lagi yang masuk angin," tegasnya.

Hadi menyadari fungsi kontrol terhadap jajaran di Kementerian ATR/BPN sangat mutlak diperlukan. Oleh karena itu, Hadi menerjunkan tim internal untuk mengawasi jajarannya.

"Saya menyadari fungsi kontrol itu mutlak. Oleh sebab itu, Irjen Kemeterian ATR/BPN saya perintahkan untuk terus mengawal sistem dan kinerja pegawai di lingkup ATR/BPN," ungkapnya.

Hadi berpesan kepada jajarannya untuk bekerja sepenuh hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan meminta jajarannya untuk memberikan pelayanan secara profesional.

"Saya pesan kepada jajaran tingkatkan pelayanan, tetap semangat, tidak perlu ragu atau takut jika kita bekerja sesuai ketentuan. Layani masyarakat dengan baik dan profesional serta penuh keikhlasan, Jadikan medan tugas ini sebagai ladang ibadah kita," tutur Hadi.