Harlah ke 19 KSB, Bupati H.W Musyafirin Mengajak Membangun Kebersamaan dan Kerja Kolaboratif

Armei Indra | Senin, 21 November 2022 - 12:03 WIB
Harlah ke 19 KSB, Bupati H.W Musyafirin Mengajak Membangun Kebersamaan dan Kerja Kolaboratif
Penutupan Festival Bulan Satanggal di hadiri oleh Bupati KSB, HW Musyafirin dan wakil Bupati KSB Fud Syaifuddin
-

Kab. Sumbawa Barat - Festival budaya yang telah berlangsung dari sejak tanggal 10 Nopember lalu, sukses menghibur masyarakat dalam suasana perayaan Hari Lahir (Harlah) Kabupaten Sumbawa Barat ke-19. Festival Bulan Satangal yang dipusatkan di halaman depan Masjid Agung Darussalam Kompleks Kemutar Telu Centre (KTC) di Taliwang, diisi dengan berbagai jenis lomba, seperti lomba gerak jalan, karnaval budaya, pawai tematik, lomba sholawat, lomba perkusi, pameran pembangunan dan pameran produk UMKM, hingga lomba memasak antar kepala OPD di lingkup Pemda KSB.

Festival Bulan Satangal juga terbukti mampu menarik partisipasi berbagai komponen masyarakat dari seluruh wilayah KSB. Mereka ikut ambil bagian memeriahkan Harlah KSB yang jatuh pada 20 Nopember 2022. Hal itu tergambar dari jumlah peserta aneka macam lomba yang dilaksanakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat, Khusnarti, S.Pd menyampaikan, carnaval budaya dan pawai tematik diikuti lebih dari 25 ribu orang yang terdiri dari siswa/siswi Paud, TK, SD, SMP dan masyarakat umum. “Ini sangat luar biasa,” ujar Khusnarti.

Khusnarti menyampaikan terimakasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah ikut ambil bagian menyukseskan Festival Bulan Satangal dan memeriahkan berbagai kegiatan dalam rangkaian peringatan Harlah KSB ke-19.

Sementara Bupati KSB, HW Musyafirin, dalam sambutannya,  mengajak seluruh lapisan masyakat untuk menjadikan momentum perayaan Harlah KSB ke-19 untuk lebih meningkatkan rasa syukur atas anugerah telah menjadi bagian dari KSB.

“Alhamdulillah apa yang kita capai hari ini, semakin hari semakin baik. Bahkan dibandingkan dengan daerah-daerah seumur KSB, kita di Indonesia termasuk yang paling baik. Kita juga patut bersyukur, akhir-akhir ini kita sering melihat bencana alam, banjir, puting beliung dan lain sebagainya, Alhamdulillah tahun ini, sampai saat ini, kita dihindarkan dari marabahaya seperti itu,” ucapnya.

Disamping itu, Harlah KSB lanjut Bupati, juga menjadi momentum untuk instrospeksi. “Mungkin dalam perjalanan 19 tahun ini ada kekurangan, kita perbaiki bersama-sama untuk bangkit kembali bersama-sama. Setelah itu semangat kebersamaan ini kita pelihara untuk membangun kerja-kerja kolaboratif  untuk perjuangan kita dimasa yang akan datang,” ajak Bupati.

“Semangat ‘Maras Tu Saling Satingi’ harus tetap kita pertahankan, bersama memperbaiki jika ada kesalahan, sama-sama kita perjuangkan KSB ini sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya,” pungkas Bupati.

Acara penutupan Festival Bulan Satangal berlangsug sangat meriah dan diisi dengan lantunan Sholawat dari Tim Dikbud KSB, Kecamatan, Perskusi dari SMPN 1 Taliwang, penampilan LASQI KSB, serta kembang api dan pengumuman juara pada masing-masing lomba.

Selain itu, Acara penutupan Festival juga diisi dengan pelepasan Kontingen SIWO PWI Sumbawa Barat yang akan bertanding di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Malang Raya, Jawa Timur, 21 – 27 Nopember mendatang.