Kemenpan RB Buka Rekrutmen Hakim di CPNS, Sebanyak 18 Ribu Orang

Agung Nugroho | Kamis, 14 Desember 2023 - 16:15 WIB
Kemenpan RB berencana akan membuka rekrutmen posisi hakim di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun depan. Hal ini menyusul laporan tentang kekurangan tenaga hakim hingga 18 ribu orang.

Kemenpan RB Buka Rekrutmen Hakim di CPNS, Sebanyak 18 Ribu Orang
Menpan RB Abdullah Azwar Anas kepada wartawan usai acara ASN Culture Festival 2023 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Kamis (14/12/2023).
-

Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berencana akan membuka rekrutmen posisi hakim di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun depan. Hal ini menyusul laporan tentang kekurangan tenaga hakim hingga 18 ribu orang.

Hal itu dikatakan oleh mantan Menpan RB Abdullah Azwar Anas kepada wartawan usai acara ASN Culture Festival 2023 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Azwar Anas mengatakan, ada sejumlah posisi ASN yang rekrutmennya tidak dibuka selama 5-7 tahun, salah satunya ialah posisi hakim. Kondisi ini pun telah dilaporkannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin.

"Di beberapa pos ini lebih dari 5-7 tahun kan tidak diadakan rekrutmen ASN, PNS. Kemarin kami laporkan karena butuh percepatan," kata Anas.

Dia juga mencontohkan misalnya hakim itu kekurangan cukup besar, ada 18 ribuan. “Tapi mungkin nanti (rekrutmen) tidak harus 18 ribu. Jadi ada kekosongan, kebutuhan, apalagi seiring dengan pembukaan kabupatne/kota," tambahnya.

Menpan RB akan menerbitkan Permenpan baru karena pengabdian mereka yang cukup lama. “Tentu kami akan laporkan total jumlah finalnya setelah mendapat arahan presiden, nanti Permenpan akan kita terbitkan untuk pengangkatan mereka yang sudah lama mengabdi di desa-desa," jelasnya.

Selain menyangkut masalah seleksi CASN dan CPNS 2024, dalam pertemuannya dengan Jokowi, Anas juga melaporkan tentag peta penyelesaian komprehensif di tahun 2024 untuk seluruh tenaga non-ASN, yakni honorer dan eks THK-II.