Kepala OIKN Sebut Ada 20 Proyek Akan Antri Groundbreaking di IKN

Agung Nugroho | Jumat, 22 Desember 2023 - 17:53 WIB
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut sudah ada 20 proyek yang akan mengantre untuk melakukan prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) di IKN.

Kepala OIKN Sebut Ada 20 Proyek Akan Antri Groundbreaking di IKN
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat ditemui media usai kunjungan kerjanya di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Dok: Agung Nugroho/FIVE
-

Jakarta - Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut sudah ada 20 proyek yang akan mengantre untuk melakukan prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) di IKN. 

Hal itu dikatakan Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono saat ditemui media usai kunjungan kerjanya di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Adapun hingga saat ini, telah dilakukan groundbreaking sebanyak 3 tahapan. Groundbreaking tahap 3 menjadi penutup dari tahun 2023, yang mana dilangsungkan dari tanggal 20 s.d 21 Desember 2023 kemarin.

"Ada sekarang 20 (proyek) yang sekarang sedang mengantre untuk groundbreaking," kata Bambang.

Dengan begitu, groundbreaking berikutnya akan dilangsungkan pada 2024 mendatang. Di sisi lain, Bambang tidak merincikan dari perusahaan mana saja proyek tersebut berasal.

Bambang mengatakan, pembangunan IKN Nusantara terus dikebut penyelesaiannya. Dalam periode awal, pembangunan diutamakan untuk pemenuhan infrastruktur dasar muali dari sekolah hingga rumah sakit.

Hal ini sejalan dengan kepindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN mulai bulan Juli 2024 mendatang, sebelum gelaran Upacara Bendera HUT Ri di IKN. Harapannya, pada Juli mendatang infrastruktur dasar terkait sudah rampung.

"Insyaallah (siap sebelum kepindahan ASN), kita bertahap ya. Jadi memang kita sedang menyiapkan ebebrapa sekolah tingkat SD, SMP, SMA, SMK bahkan, untuk melayani anak para ASN, TNI, Polri yang akan pindah ke sana," ujarnya.

"Ini semua berprogres. Seperti diketahui sudaha da 2 yang langsung di-groundbreaking oleh Pak Presiden (Jokowi), malah groundbreaking yang lalu. Satu adalah Nusantara International School yang dibangun oleh JIS. Tapi juga ada transformasi SD, yaitu SDN 20. Di luar itu masih ada 15 SD yang kita siapkan. SD SMA SMP dan SMK dengan standar-standar yang internasional," sambungnya.