Mahfud Sebut Banyak Lahan Didapatkan dengan Curang

Kiki Apriansyah | Sabtu, 23 Desember 2023 - 00:05 WIB
Mahfud menyebut banyak lahan didapatkan dengan cara curang. Karena itu dirinya ingin hal ini ditertibkan oleh penegak hukum.

Mahfud Sebut Banyak Lahan Didapatkan dengan Curang
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD (kanan) menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (kiri) tentang pemasukan negara dari kepemilikan lahan di debat Pilpres 2024. Dok: Tsngkapan layar youtube KPU RI
-

Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tentang pemasukan negara dari kepemilikan lahan. 

Mahfud juga mengungkit data yang disampaikan Prabowo Subianto terkait ketimpangan kepemilikan lahan pada debat cawapres Pilpres 2024.

"Kalau data yang saya dengar dari Pak Prabowo beberapa tahun lalu. Satu persen penduduk menguasai 75 persen lahan. Sebanyak 99 persen penduduk berebut hanya 25 persen lahan sisanya, ini timpang. Oleh karena itu upaya pemerataan harus dilakukan," kata Mahfud di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12).

Mahfud menyebut banyak lahan didapatkan dengan cara curang. Karena itu dirinya ingin hal ini ditertibkan oleh penegak hukum.

"Betapa sekarang banyak lahan diperoleh dari cara kolusi. Saya banyak dikritik, tapi saya tanya daftar lahan. Ini yang harus ditertibkan apalagi lahan tiba-tiba diduduki orang selama puluhan tahun tapi didiamkan oleh negara," ucapnya.

KPU menggelar debat kedua Pilpres 2024 pada Jumat (22/12). Debat diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pukul 19.00 WIB dengan melibatkan para calon wakil presiden.

Ketiga cawapres yang beradu gagasan antara lain Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming dan Mahfud MD.

Tema debat cawapres 22 Desember 2023 adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Debat dibagi menjadi 6 segmen. Segmen 1 menyampaikan misi masing-masing cawapres. Setiap calon dapat saling sanggah di segmen 2, 3, 4, dan 5. Pada segmen ke-6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.