HUT ke-51 PDIP, Jokowi Tak Berada di Indonesia

Kiki Apriansyah | Sabtu, 06 Januari 2024 - 08:47 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tidak berada di Indonesia saat PDIP merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-51 pada Rabu 10 Januari 2024.

HUT ke-51 PDIP, Jokowi Tak Berada di Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tidak berada di Indonesia saat PDIP merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-51 pada Rabu 10 Januari 2024. Dok: Setpres
-

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan tidak berada di Indonesia saat PDIP merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-51 pada Rabu 10 Januari 2024.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, keberangkatan presiden ke luar negeri tersebut berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDI-Perjuangan ke-51 pada 10 Januari yang akan datang. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyebut Jokowi akan berkegiatan di negara lain minggu depan. Ia masih menunggu informasi tentang detail kunjungan kerja Jokowi tersebut.

"Ada rencana ke beberapa negara ASEAN, nanti saya update ke teman-teman lagi kepastiannya. Nanti dicek dulu," ungkap Ari di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Saat ditanya soal undangan PDIP ke Istana, Ari pun mengaku belum mengetahui adanya undangan HUT PDI tersebut.

Ari menegaskan, Jokowi tidak mungkin menghadiri HUT PDIP pekan depan jika berbarengan dengan agenda kunjungan ke luar negeri.  

“Kalau ada kunjungan ke luar negeri, mungkin tidak (tidak hadir). Belum tahu saya jadwal, tapi yang jelas ada rencana keluar negeri,” ucapnya.

Ari melanjutkan, kunjungan kenegaraan Jokowi ke luar negeri murni karena dinas bukan untuk menghindari HUT PDIP pada 10 Januari 2024 pekan depan

"Enggak lah (ke luar negeri bukan hindari HUT PDIP). Pasti sudah ada rencana yang sudah diatur. Kita ucapkan selamat ulang tahun ya,” pungkasya.