Anies Singgung Nasib TNI Jauh dari Sejahtera

Kiki Apriansyah | Minggu, 07 Januari 2024 - 20:18 WIB
Anies Singgung Nasib TNI Jauh dari Sejahtera
Calon presiden (Capres) nomor urut satu Jakarta Anies dalam debat ketiga Pilpes 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Mingu (7/1/2024) Dok: Tangkapan layar youtube KPU RI
-

Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyinggung nasib anggota TNI yang masih jauh dari sejahtera. 

Hal tersebut dikatakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies dalam debat ketiga Pilpes 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Mingu (7/1/2024) 

Anies pun membandingkan dengan kekayaan Menteri Pertahanan yang juga capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

"Di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas. Sementara menterinya Pak Jokowi punya 340 hektar tanah. Ini harus diubah," kata Anies. 

Anies juga menyindir anggaran Kementerian Pertahanan sebesar Rp700 triliun yang lebih banyak dihabiskan untuk membeli alutsista bekas. Namun, hal tersebut tak membuat ketahanan di Indonesia terjamin lantaran Kementerian Pertahanan yang menjadi ujung tombak justru dibobol hacker.

"Ironisnya Kemenhan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker pada 2023. Sebuah ironi. Oleh karena itu, kita inhin mengembalikan Rp700 triliun anggaran kemenhan, tidak bisa memeprtahankan itu. Justru digunakan membeli alutista yang bekas," ucap dia.

Ucapan Anies dijawab langsung oleh Prabowo saat menyampaikan visi misi. Ia menyebut Anies berbicara tanpa data yang valid.

Namun dalam segmen berikutnya, Anies kembali menanggapi prihal jumlah kekayaan Prabowo. Ia mengklarifikasi soal jumlahnya yakni 304 ribu hektar tanah yang dimilik Praabowo.

"Saya mau klarifikasi maaf Pak Prabowo angkanya terlalu kecil bukan 340 hektar tapi 340 ribu hektar," ungkapnya.