Anies Baswedan Tegaskan Pedagang Belum Boleh Jualan di CFD

Marhadi | Minggu, 14 Juni 2020 - 14:33 WIB
Anies Baswedan Tegaskan Pedagang Belum Boleh Jualan di CFD
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Tinjau Kawasan Thamrin (Ist)
-

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal membuka kembali kawasan Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman Thamrin Jakarta pusat sebagai sarana untuk berolahraga masyarakat Jakarta di akhir pekan.

Adapun CFD Jakarta sudah ditiadakan sejak 11 Maret 2020 saat Covid-19 menerjang Ibu Kota. Pada masa transisi menuju kenormalan baru ini kegiatan ini mulai dibuka bertahap. Anies mengatakan mulai hari Minggu (21/6/2020) hari bebas kendaraan bermotor di kawasan ini mulai dibuka lagi.

“Minggu depan akan bebas kendaraan bermotor,” kata Anies di Bundaran HI saat memantau kegiatan bersepeda warga Jakarta Minggu (14/6/2020).

Walau mulai dibuka untuk publik namun mantan menteri pendidikan kebudayan ini memastikan kawasan ini hanya semata-mata untuk kegiatan berolahraga.

Para pedagang kaki lima yang sebelumnya diizinkan melapak di sepanjang areana CFD ini belum diperkenankan berjualan pada masa transisi ini. “Belum boleh berjualan,” tegasnya.

Anies mengaku dirinya masih melarang warga berjualan di kawasan CFD pada fase pra new normal ini supaya warga tak berdesak-desakan saat berkegiatan di tempat ini.

Bila tak ada lapak PKL maka masyarakat yang berolahraga juga lebih luwes bergerak sehingga jarak aman antara warga tetap terjaga.

“Ketikaa berjualan itu potensinya padat karena itu minggu depan kita lakukan CFD hanya untuk olahraga,”tegasnya.

Kendati memastikan CFD kembali dibuka namun soal durasi hari bebas kendaraan bermotor ini masih dibahas oleh Pemprov DKI. Kalau sudah tuntas digodok Anies akan mengumumkannya ke publik.

“Nanti diatur lagi (waktunya) saya umumkan kalau udah selesai regulasi. Semua potensi ada,”tutupnya.