Pernyataan Presidium Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat

Fuad Rizky Syahputra | Jumat, 22 Maret 2024 - 13:05 WIB
Pernyataan Presidium Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat
Ketua Presedium Gerakan Penegakan Kedaulatan Rakyat (GPKR) Din Syamsyuddin
-

Jakarta - Presidium Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) bersyukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa bahwa Aksi Perdana GPKR di depan Gedung Wakil Rakyat pada Selasa, 19 Maret 2024, pukul 14.00 sd pukul 16.30 WIB telah berlangsung relatif lancar, aman, dan berhasil sesuai target.

Hal itu ditandai dengan kehadiran ribuan massa pendukung, dan tersampaikannya aspirasi kepada para Pimpinan Fraksi-Fraksi DPR-RI.

Sehubungan dengan itu Presidium GPKR menyatakan/menyampaikan:

1. Ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada rakyat Indonesia dari berbagai elemen, baik aktifis, buruh, maupun emak-emak, mahasiswa, dan lain-lain atas partisipasi dan dukungan mereka pada Aksi Perdana tersebut.

2. Ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi yang sama diberikan kepada para wakil dari Fraksi PKS, dan Fraksi PKB DPR-RI yang telah bersedia datang menemui massa rakyat dan memberi orasi positif atas aspirasi. Begitu pula kepada Fraksi PDI Perjuangan yang telah menerima beberapa peserta aksi di Sekretariat Fraksi.

3. Hal yang sama disampaikan kepada Pers Nasional yang telah menyebarkan berita kegiatan tersebut secara luas.

4. Aksi Perdana GPKR tersebut merupakan awal dari perjuangan GPKR untuk menegakkan kedaulatan rakyat yang telah runtuh dan diruntuhkan, rusak dan dirusakkan oleh Rejim Presiden Joko Widodo selama hampir sepuluh tahun dari kekuasaannya. Selama itu Presiden menampilkan kezaliman dengan mengakumulasi kekuasaan demi kekuasaan, bahkan cenderung melestarikan kekuasaannya itu dalam politik dinasti.

5. Puncak dari kezaliman itu adalah keterlibatannya secara nyata dan kasat mata dalam merekayasa Pemilu/Pilpres Curang untuk memenangkan Partai/Paslon tertentu secara inkonstitusional. Hal demikian adalah bentuk dari kejahatan konstitusional yang tidak dapat dibenarkan dan ditoleransi. Kejahatan konstitusional ini jika dibiarkan sangat potensial meruntuhkan negara dan bangsa Indonesia tercinta.

6. Maka oleh karena itu, GPKR akan terus berjuang untuk memotong akar tunjang dan sumber dari semua sumber permasalahan bangsa dan negara yaitu Presiden Joko Widodo sendiri. Maka ia harus mundur atau dimundurkan. GPKR tetap mendesak fraksi-fraksi dan DPR-RI menggunakan Hak Angket sehingga semua masalah menjadi terbuka. GPKR menyesalkan Fraksi-Fraksi DPR-RI yang menolak yang dapat dinilai sebagai upaya menutup-nutupi kebatilan.

7. Dalam waktu dekat, GPKR akan menggelar aksi-aksi yang lebih besar, baik di Ibu Kota Jakarta maupun di daerah-daerah sampai Tuntutan Tegaknya Kedaulatan Rakyat menjadi nyata.

8. GPKR menyerukan segenap rakyat Indonesia untuk bergabung dalam perjuangan panjang untuk rakyat berdaulat, rakyat selamat, rakyat sejahtera dunia-akhirat.

Perjuangan ini tiada titik kembali.

 

Jakarta, 22 Maret 2024

Presidium GPKR

1.            Abdullah Hehamahua, Dr, MM.

2.            Didin S Damanhuri, Prof, Dr.

3.            Fachrul Razi, Jenderal TNI (Purn).

4.            Hafid Abbas, Prof, Dr.

5.            M. Din Syamsuddin, Prof, Dr.

6.            Oegroseno, Komjen Pol (Purn).

7.            Paulus Januar, Dr, drg, MSi, CMC

8.            Rochmat Wahab, Prof. Dr.

9.            Sabriati Aziz, Dr.