Jaksa Agung Lepas 14 Bus Mudik Gratis

Fuad Rizky Syahputra | Jumat, 05 April 2024 - 14:19 WIB
Jaksa Agung Lepas 14 Bus Mudik Gratis
Jaksa Agung ST Burhanuddin.
-

Jakarta - Jaksa Agung ST Burhanuddin melepas mudik gratis di kantor Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan. Terdapat 14 bus yang dilepas untuk mudik pada hari ini.

"Alhamdulillah kegiatan mudik bareng Jaksa Agung 2024 kembali kita selenggarakan. Untuk itu saya atas nama pribadi maupun pimpinan kejaksaan, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prakarsa, ide, dan kontribusi seluruh panitia," kata Burhanuddin dalam sambutannya di Kantor Kejaksaan Agung, Jaksel, Jumat (5/4/2024).

Dia berharap kegiatan mudik gratis tersebut bisa berjalan di tahun-tahun berikutnya. Menurutnya, mudik jangan hanya dijadikan sebagai ajang berkumpul keluarga.

"Mudik ini tidak hanya sekadar berkumpul dengan keluarga, tetapi kita saling komunikasi, menghormati sesama keluarga besar. Seyogyanya mudik jangan hanya dijadikan tradisi, tapi untuk mereposisi kembali hidup agar lebih bermakna," tuturnya.

Burhanuddin mengatakan Lebaran berpegang pada 4 falsafah hidup. Pertama yaitu Lebaran, sebagai tanda selesainya kewajiban menjalankan ibadah puasa.

"Kedua, luberan, sebagai tanda melimpahnya rezeki. Kita harus membagikan kepada mereka yang membutuhkan. Ketiga adalah leburan, sebagai tanda melebur kesalahan atas apa yang telah kita lakukan," ucapnya.

"Keempat adalah laburan, sebagai tanda memutihkan diri untuk senantiasa menjaga kebersihan diri, kebersihan lahir dan batin," tambahnya.

Dia juga mengatakan jangan hanya menjadikan Lebaran sebagai ajang hilir mudik dan memamerkan kekayaan. Menurutnya, mudik harus dilandasi dengan kesabaran, kesederhanaan, agar senantiasa tercipta kondisi yang rukun, tentram, dan damai.

"Demi kelancaran program ini, saya mengimbau kepada panitia maupun ke peserta mudik, agar senantiasa mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas agar tetap waspada dan berhati-hati dalam berkendara," sebutnya.

Apabila lelah, dia mengimbau pengemudi agar beristirahat. Dia mendoakan agar perjalanan lancar tanpa adanya halangan.

"Semoga perjalanan yang akan dilakukan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan apapun. Selamat bersilaturahmi dan tetap menjaga kesehatan. Saya berharap kegiatan yang baik ini menjadi rutin dan dapat dirasakan langsung masyarakat," pungkasnya.

Ada 585 peserta mudik gratis yang ikut hari ini, dengan tujuan Lampung, Kudus, Cilacap, Magelang, Semarang, Jogja, Solo, Wonogiri, hingga Malang via Surabaya.