Menag Sambut Kunjungan JPPPM dan Muslimat NU Rembang

Fuad Rizky Syahputra | Senin, 01 Juli 2024 - 18:35 WIB
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan silaturrahmi dari Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighah (JPPPM) dan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Rembang di Rumah Dinas Menteri Agama, Widya Chandra, Jakarta.

Menag Sambut Kunjungan JPPPM dan Muslimat NU Rembang
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dok: Kemenag
-

Jakarta - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan silaturrahmi dari Jam’iyyah Perempuan Pengasuh Pesantren dan Muballighah (JPPPM) dan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Rembang di Rumah Dinas Menteri Agama, Widya Chandra, Jakarta.

Turut hadir, Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut, Penasehat Muslimat NU Nyai Muchsinah Cholil, Ketua Umum Pimpinan Pusat JPPPM Hanik Maftuhah, dan Ketua PC Muslimat NU Rembang Ulfah Munawar.

Kunjungan ini membahas beberapa hal, di antaranya rencana kerjasama resmi antara Kementerian Agama dengan JPPPM.

"Kita pasti akan memberikan support dan bersedia bekerja sama, terutama terkait bidang pondok pesantren," ujar Menag Yaqut, Minggu (30/6/2024).

"Kami sadar betul kebutuhan perempuan tidak lebih sedikit dibanding kebutuhan laki-laki. Perempuan butuh perhatian khusus. Ini membuat peran JPPPM penting. Insya Allah kita bisa segera ikat kerjasama ini secara formal melakui MoU," lanjut Gus Men panggilan akrabnya.

Sebelumnya, Ketua Umum JPPPM Hanik Maftuhah menjelaskan bahwa JPPPM telah mengukuhkan dirinya sebagai jam'iyyah yang fokus pada peran pemberdayaan perempuan pengasuh pesantren dan dakwah dalam tafaqquh fiddin, serta membawa kemaslahatan bagi ummat.

Selain JPPPM, Muslimat NU Rembang juga turut menghaturkan rasa syukurnya atas silaturrahmi yang telah terjalin.

"Dengan adanya silaturrahmi ini, semakin semangat dalam berkhitmat layanan-layanan Muslimat Nahdlatul Ulama, baik program pendidikan, program kesehatan, program sosial, dan lain sebagainya," ungkap Ketua PC Muslimat NU Rembang Ulfah Munawar.

"Di layanan pendidikan kami punya 39 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Muslimat Nahdlatul Ulama. Kami juga memiliki layanan panti asuhan Darul Hadlonah yang sudah berdiri sejak tahun 1984, dan ini merupakan role model panti asuhan se-Jateng. Kita menanamkan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jemaah dimulai dari usia dini," sebut Ulfah.

"Semoga layanan Muslimat Nahdlatul Ulama semakin bermanfaat untuk masyarakat. Semoga Gus Menteri selalu diberikan kesehatan, kekuatan, semakin bertambah manfaatnya dan barokahnya, khususnya bagi masyarakat Rembang," tuturnya.