Kemenag Aceh Resmikan Program Gemarku Berseri

Fuad Rizky Syahputra | Senin, 05 Agustus 2024 - 14:41 WIB
Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh merilis Gerakan Madrasah dan KUA Bersih, Sehat, Indah, dan Asri (Gemarku Berseri). Program ini diresmikan oleh Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pidie Jaya.

Kemenag Aceh Resmikan Program Gemarku Berseri
Irjen Faisal meresmikan program Gemarku Berseri di Aceh. Dok: Kemenag
-

Jakarta - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh merilis Gerakan Madrasah dan KUA Bersih, Sehat, Indah, dan Asri (Gemarku Berseri). Program ini diresmikan oleh Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, ditandai dengan penanaman pohon secara simbolis di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pidie Jaya.

"Pembenahan madrasah dan penanaman pohon bagian dari aksi nyata di madrasah dan KUA," ujar Irjen Faisal dalam sambutannya di MAN 2 Pidie Jaya Aceh, Minggu (4/8/2024).

Dikatakan Faisal, madrasah harus memiliki kemampuan komparatif.

"Berarti siswa miliki kemampuan keilmuan dan keagamaan, serta sosial keagamaan. Juga kapasitas para pendidik dan pimpinannya," terangnya.

Menurutnya, keunggulan madrasah terletak pada aspek agama. Karenanya, ini menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak siswa yang tergerak untuk sekolah di madrasah.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Azhari mengatakan bahwa gerakan ini merupakan langkah nyata mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif di madrasah.

"Program ini merupakan salah satu dari legasi yang diwujudkan Aceh dalam menyambut enam program prioritas Menteri Agama. Selain program lainnya yang telah dicanangkan, yakni adala gerakan lima menit (LIMIT) mengaji sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai pada seluruh madrasah," katanya.

Seluruh pohon yang ditanam ini berasal dari sumbangsih ASN di Aceh. Semoga ini akan menjadi gerakan nyata pengabdian ASN kepada negara.

"Saya berharap penanaman pohon akan terus berkelanjutan, terutama karena pohon yang ditanam ini tidak menggunakan anggaran negara," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kanwil Kemenag Aceh, kabag TU Kanwil Kemenag Aceh, Kepala Kemenag Pidie Jaya, Kepala KUA se-Pidie Jaya, dan Jajaran Muspida Kabupaten Pidie Jaya.