Pembangunan Kantor Kemenko di IKN Rampung Oktober 2024

Fuad Rizky Syahputra | Senin, 16 September 2024 - 18:36 WIB
Proses persiapan untuk merampungkan keempat gedung kantor sudah dilakukan secara bertahap sejak sebelum 17 Agustus lalu.

Pembangunan Kantor Kemenko di IKN Rampung Oktober 2024
Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga. Dok: Istimewa
-

Jakarta - Ketua Satuan Tugas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga  mengatakan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung bulan depan .

Danis menyebut, keempat gedung kantor Kemenko di IKN akan rampung pada Oktober 2024.

“Oktober (rampung),” kata Danis belum lama ini.

Ia menjelaskan, proses persiapan untuk merampungkan keempat gedung kantor sudah dilakukan secara bertahap sejak sebelum 17 Agustus lalu. Menurutnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah bisa bekerja di keempat gedung kantor Kemenko tersebut bulan depan.

Selain itu, Danis juga menyebut persiapan fasilitas pendukung operasional ASN yang akan bekerja di IKN sudah mulai disiapkan. Fasilitas tersebut terbagi menjadi beberapa jenis seperti sekolah, sarana olahraga, sampai tempat ibadah.

“Sarana olahraga, PAUD (sarana Pendidikan Anak Usia Dini), (sarana) ibadah,” lanjut Danis.

Jumlah sarana pendukung tersebut menurut Danis akan menyesuaikan berdasarkan kesepakatan dengan para ASN yang bekerja di IKN. Ia juga menjelaskan terdapat diskusi dengan ASN mengenai kebutuhan fasilitas pendukung.

“Bertahap, kan nanti disepakati bersama dengan para ASN tersebut,” kata Danis.

Untuk hunian ASN di IKN, sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan akan mengebut pembangunan hunian ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum pelantikan presiden terpilih, Prabowo Subianto di 20 Oktober.

"Saya kira menyelesaikan pekerjaan ini semua. Jadi kalo sampe September ini misalnya dari 47 tower apartemen ASN akan selesai 14, artinya Oktober selesai 7, nanti november dan desember 47," kata Basuki di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9).