Pembangunan Kompleks Parlemen di IKN Siap Dilelang pada 2025

Fuad Rizky Syahputra | Kamis, 10 Oktober 2024 - 10:42 WIB
Nantinya Istana Presiden akan diapit oleh Lembaga Yudikatif dan Lembaga Legislatif jika keduanya telah rampung. Namun, proses lelang tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai 2025.

Pembangunan Kompleks Parlemen di IKN Siap Dilelang pada 2025
Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis H. Sumadilaga. (darussalam/majalahfive)
-

Jakarta - Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, pembangunan Kompleks Parlemen atau Gedung DPR/MPR di IKN siap dilelang pada 2025.

Danis menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan penyusunan desain bangunan terlebih dahulu sebelum masuk dalam proses lelang pada pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Itu sangat mungkin (lelang pembangunan gedung DPR/MPR IKN) di tahun 2025, desain sedang kita siapkan," kata Danis, Rabu (9/10/2024).

Lebih jauh, Danis menjelaskan, saat ini alokasi lahan untuk pembangunan kompleks legislatif tersebut sudah ditetapkan. Berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A, bersebelahan dengan Istana Presiden.

"Lahan sudah ada, itu ada di kiri kanan Istana, ada yudikatif dan legislatif, kalau luasnya belum hafal saya kita detailnya," kata Danis.

Selain kompleks legislatif di IKN, Danis mengatakan, kompleks perkantoran lembaga Yudikatif juga targetkan masuk dalam tahap lelang tahun depan. Lokasinya juga akan berada di samping Istana Presiden.

Sehingga, dijelaskan Danis, nantinya Istana Presiden akan diapit oleh Lembaga Yudikatif dan Lembaga Legislatif jika keduanya telah rampung. Namun, proses lelang tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai 2025, menyesuaikan budget anggaran yang dialokasikan.

"(Target lelang 2025) itu ada gedung DPR/MPR, kompleks yudikatif. Legislatif dulu yang pertama (kita lelang), kedua yudikatif, kita ingin semua berjalan, tapi semua kan kita menyesuaikan budget juga," kata dia.