Sensasi Menikmati Nasi Tempong di Restoran Nasi Tempong Indra Kelapa Gading

Rus | Jumat, 11 Oktober 2024 - 14:07 WIB
Sejak diresmikan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas), Oktober 2023 lalu, Restoran Nasi Tempong Indra Kelapa Gading, Jakarta Utara, menjadi lokasi favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk berburu kuliner nasi tempong, yang nikmat, enak serta menggugah selera.

Sensasi Menikmati Nasi Tempong di Restoran Nasi Tempong Indra Kelapa Gading
Nasi Tempong
-

Jakarta - Bernuansa bangunan semi outdoor, restoran Nasi Tempong Indra yang berlokasi di kawasan perkantoran, Stasiun LRT Pegangsaan Dua, Jalan Raya Kelapa Nias, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, membuat betah siapaun yang bekunjung ke resetoran tersebut, terlebih menu-menu yang ditawarkan mempunyai cita rasa yang enak dan menggugah selara,  

Lokasinya yang nyaman dan strategis sehingga mudah dijangkau oleh para pengunjung, membuat restoran milik artis ternama Bebizie Sri Mulyati ini, selalu ramai oleh pengunjung, terutama apabila jam makan siang.

Menu yang ditawarkan di restoran Nasi Tempong Indra sangat beragam, mulai nasi tempong udang, ayam, bebek, gurami, nasi tempong cumi dan nasi tempong yang lainnya. Selain itu terdapat menu berbagai jenis minuman, seperti kelapa muda, es campur yang menyegarkan dan juga yang lainnya.

“Bersyukur sejak diresmikan oleh Menteri Perdagangan, Bapak Zulkifli Hasan, Restoran Nasi Tempong Indra tidak pernah sepi oleh pengunjung, baik itu siang maupun malam hari. Sekarang ini menu favoritnya sambal tempong,” ujar Bebizie, selaku pemilik restoran kapada Five, beberapa waktu lalu.

Selain ramai oleh pengunjung perseorangan ataupun keluarga, restorannya juga seringkali menjadi lokasi favorit coprporate atau perusahaan yang berdomisili di Jakarta Utara dan juga sekitarnya untuk menggelar acara atau sekedar makan nasi tempong dan menu lainnya.

“Saya sengaja membuka restoran Nasi Tempong, karena ini merupakan menu khas daerah dan asli Indonesia. Jadi siaap lagi yang akan melestarikan menu-menu warisan Nenek Moyang, kalau bukan kita,” pungkasnya.   

Seperti diketahui, nasi tempong merupakan kuliner tradisional yang berasal dari Banyuwangi. Jawa Timur. Makanan ini disajikan dengan berbagai lauk pauk, lalapan dan sambal yang khas.

Nama nasi tempong berasal dari kata “tempong” yang dalam bahasa Osing berarti “tampar”. Makanan ini dinamakan demikian karena memang ciri khas dari nasi tempong ini adalah sambalnya yang pedas.
Dimana sambal tempong seakan menampar mulut orang yang menyantapnya.  

Awalnya nasi tempong merupakan bekal yang dibawa oleh masyarakat Banyuwangi ke sawah. Menu ini biasanya disajikan dalam porsi besar. Lengkap dengan lauk pauknya untuk menambah tenaga bagi para petani yang sedang berkerja di sawah.

Cita rasa nasi tempong ini terletak di sambal tempongnya. Biasanya, sambalnya baru dibuat dan masih terasa nikmat ketika disajikan. Seporsi nasi tempong biasanya disajikan dengan beraneka lauk pauk seperti tahu, tempe, ikan asin dan perkedel jagung. Juga dilengkapi dengan sayur bayam rebus, terong rebus, mentimun dan daun kemangi sebagai lalapan pendukungya.

Sebelumnya restoran dengan menu nasi tempong viral di Bali dan Bayuwangi, sehingga kemudian masyarakat penasaran dan berburu menu nasi tempong. Di Jakarta sendiri salah satunya terdapat di restoran Nasi Tempong Indra, Kelapa Gading.