Ricuh Rombongan Jenazah Lukas Enembe, Polda Papua Klaim Tak Ada yang Meninggal

Fuad Rizky | Kamis, 28 Desember 2023 - 13:18 WIB
Ricuh Rombongan Jenazah Lukas Enembe, Polda Papua Klaim Tak Ada yang Meninggal
Ilustrasi Polda Papua mengeklaim tidak ada aparat Polri dan TNI maupun masyrakat yang meninggal akibat kerusuhan yang terjadi saat rombongan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Kamis (28/12/2023). Dok: Ist
-

Papua-- Polda Papua mengeklaim tidak ada aparat Polri dan TNI maupun masyrakat yang meninggal akibat kerusuhan yang terjadi saat rombongan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Hal itu dikatakan oleh Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada majalahfive.com saat ditanya terkait kerusuhan yang terjadi saat rombongan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Papua,Kamis (28/12/2023).

"Tidak ada yang meninggal, hanya terluka saja," kata Ignatius.

Benny belum bisa merinci korban luka dari pihak aparat maupun warga dalam insiden ini. Dia bilang proses pengumpulan informasi di lapangan masih berlangsung. Kerusuhan terjadi di Jayapura di tengah iring-iringan jenazah Lukas Enembe.

Insiden ini bermula dari aksi warga yang secara sepihak mengawal dan membawa jenazah Lukas Enembe dari Bandara Sentani ke tempat persemayaman di STAKIN.

Sebelum dibawa oleh massa, jenazah Enembe rencananya dibawa oleh pihak keluarga dan aparat. Karena kalah jumlah, keluarga dan aparat akhirnya menuruti kemauan warga.

Di tengah perjalanan disebut ada provokasi yang membuat warga melakukan pelemparan dan perusakan ke rumah dan mobil yang diparkir.

Aksi ini merembet hingga ada penyerangan terhadap aparat. Bahkan Pj Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di bagian kepala akibat lemparan batu. Pemakaman Lukas Enembe sedianya dilakukan pada Kamis sore.