An Nabawy Konsisten Sampaikan Pesan – Pesan Dakwah

Darussalam | Rabu, 14 Juli 2021 - 16:47 WIB
An Nabawy konsisten membawakan tembang-tembang yang di dalamnya terkandung pesan – pesan dakwah, terutama mengenai sholawat dan munajab.

An Nabawy  Konsisten Sampaikan Pesan – Pesan Dakwah
Group An Nabawy
-

Jakarta - Berbagai aliran atau genre musik menghiasi dunia seni tanah air. Aliran musik gambus salah satunya, yang dibawakan oleh group An Nabawy, yang hinga kini terus menunjukkan eksistensinya dan semakin disukai masyarakat.

Berdiri tahun 2002 di PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran), Jakarta, group gambus An Nabawy konsisten membawakan tembang-tembang yang di dalamnya terkandung pesan – pesan dakwah, terutama mengenai sholawat dan munajab, dimana bila orang mendengarkannya hatinya akan tergugah dan selalu Ingat kepada Allah SWT dan Rosulnya Muhammad SAW.

Nama An Nabawy sendiri diambil dari nama masjid suci umat Muslim, yaitu masjid An Nabawy, yang pada masa dulu pernah dijadikan tempat oleh Rasulullah SAW untuk  tabarrukan atau mencari keberkahan. 

Group An Nabawy dimotori oleh Ustazd H Agus Muhammad Muhaimin (Agus), yang bertindak sebagai vokalis dan keybosrdist, Ustadz Ahmad Mursyidi ( Amung ) sebagai backing vocal dan gitar Oud, Ustadz Azizul Hakim Hakim ( Aziz ) sebagai backing vocal sekaligus drumer, dan Ustadz Asrorul Fuad Almaylydi ( Asror ) sebagai backing vocal dan darbuka.

Kesemua personil An Nabawy, selain berprofesi sebagai ustadz dengan pengetahuan ilmu agamanya yang luas, sehingga sering mengisi tausiyah, ceramah atau kajian ke Islaman dibagai tempat, juga semuanya sebagai hafidz (penghapal) Al Quran.

Sebagai group gambus papan atas tanah air dengan berbagai singelnya yang hits dan enak didengar serta syair-syairnya selalu mengajak untuk mencintai Allah dan Rosulnya, juga padat dengan jadwal manggung baik itu offair maupun on air.

Masyarakat juga sudah tak asing lagi melihat penampilannya di layar kaca Indonesia, seperti  beberapa waktu silam di Indosiar dalam acara Mama & Aa, sebagai player saat Mamah Dedeh jeda dalam tausiyahnya,  kemudian di Inews TV dalam acara Cahaya Hati, di TVRI dalam acara Serambi Islam, dan juga di TV ONE dalam acara Rumah Mamah Dede setiap hari pukul 8.00 WIB.

Sedangkan manggung untuk offair pernah diberbagai kota dan daerah seperti di Kalimantan, Batam, Makasar, Bone, Ternate, kota-kota di Sumatera, Surabaya, malang. Selain itu pernah manggung di Istana Medeka di depan Presiden RI Joko Widodo, manggung di depan Wakil Presiden  Ma' ruf Amin.

Selain itu pernah diundang dan manggung di beberapa gedung kementerian RI, seperti di Kementerian Agama, BPN, MUI, dan di Masjid Istiqlal, di Pertamina, PGN dan lain sebagainya. Group An Nabawy juga padat dengan job di acara-acara yang digelar masyarakat, terutama apabila bulan Ramadhan tiba.

Sejak dibentuk group An Nabawy konsisten mengusung visi-misi untuk membawakan lagu-lagu religi  dakwah, sholawat dan munajab, dengan harapan para penggemar yang mendengarkan lagunya tergugah hatinya agar selalu Ingat kepada Allah dan Rosulnya .

An Nabawy juga kerap membawakan lagu-lagu indonesia sesuai dengan request, namun tentunya dengan irama gambus khas An Nabawy. Group ini juga mempunyai misi ingin memperkenalkan dan menyebarkan syair sholawat ke seluruh dunia, dan idza ru'uu aw sami'uu dzukirallah, yang bermkna jika melihat atau mendengar musiknya akan selalu ingat kepada Allah SWT.